ANALISIS PENGARUH KEBUTUHAN EXPERIENTIAL, KEBUTUHAN SOSIAL, DAN KEBUTUHAN FUNGSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDATON RUMAH BATIK YOGYAKARTA

  • Feby Hidayati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kebutuhan experiential, kebutuhan social, dan kebutuhan fungsional terhadap keputusan pembelian di Kedaton Rumah Batik Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung di Kedaton Rumah Batik Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu metode pemilihan sampel yang diambil dari anggota populasi yang dipilih secara kebetulan sesuai tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi berganda.

Hasil dari pengujian regresi berganda menghasilkan persamaan Y= 0,180 X1 + 0,597 X2 + 0,353 X3. Hasil uji F dengan sifnifikansi 0.000<0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa secara serentak variable bebas X1 (kebuthuhan experiential), X2 (kebutuhan social), X3 kebutuhan fungsional) berpengaruh terhadap variable terikat Y keputusan pembelian). Tidak ada pengaruh antara X1 (kebutuhan experiential) terhadap Y (keputusan pembelian) sebesar 0,180 signifikansi 0,169 > 0,05. Ada pengaruh antara X2 (kebutuhan social) terhadap Y (keputusan pembelian) sebesar 0,597 signifikansi 0,000<0,05. Ada pengaruh antara X3 (kebutuhan fungsional) terhadap Y
(keputusan pembelian). sebesar 0,353 signifikansi 0,007 < 0,05. Diantara 3 variable kebutuhan experiential, kebutuhan social, dan kebutuhan fungsional yang paling dominan atau yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variable X2 (kebutuhan social) dengan nilai sebesar 0,597 artinya semakin banyak orang yang memenuhi kebutuhan social ( status, merek pakaian, tempat berbelanja ) maka semakin tinggi pula dalam mengambil keputusan pembelian.

Kata kunci : Kebutuhan experiential, kebutuhan social, kebutuhan fungsional, keputusanpembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-16
How to Cite
HIDAYATI, Feby. ANALISIS PENGARUH KEBUTUHAN EXPERIENTIAL, KEBUTUHAN SOSIAL, DAN KEBUTUHAN FUNGSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDATON RUMAH BATIK YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 61 - 68, dec. 2014. ISSN 2541-4348. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/176>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30738/jm.v4i2.176.