Atribut-Atribut Harapan Dan Kinerja Pada Purnama Swalayan Di Bantul
Abstract
expectation) dengan kinerja (performance) atas atribut-atribut pada Purnama Swalayan di Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian survey research.Variabel penelitian ini harapan dan kinerja.Sebagai populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang datang ke Purnama Swalayan di Bantul. Untuk sampelnya sebanyak 100 responden. Teknis pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket/kuesioner.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Convenience Sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis Deskriptif .Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Terdapat 11 Konsumen merasa tidak puas yang berarti ada perbedaan antara harapan dan kinerja yang ditunjukkan oleh 11 atribut yaitu : (1) Kehandalan karyawan yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar -5, (2) Konsistensi jadwal buka dan tutup tidak berubah-ubah yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar -4, (3) Pekerjaan tepat waktu sesuai yang dijanjikan yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar - 2, (4) Karyawan dapat memahami keinginan konsumen yang itunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar -5, (5) Kepedulian yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar - 12, (6) Tempat parkir aman dari pencurian yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar -8,(7) Komunikasi antar karyawan dan konsumen berjalan baik yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar -1, (8) Karyawan menerima keluhan dari konsumen yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar - 2, (9) Karyawan memberi perhatian pada konsumen yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar -2, (10) Lokasi Purnama Swalayan mudah dijangkau yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar -3, (11) Ruang usaha bersih dan tertata rapi yang ditunjukkan terdapat perbedaan antara harapan dan kinerja yaitu mempunyai selisih sebesar - 3.
Kata Kunci : Harapan,Kinerja
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2012-06-27
How to Cite
HARTONO, Wahyu.
Atribut-Atribut Harapan Dan Kinerja Pada Purnama Swalayan Di Bantul.
Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 36 - 42, june 2012.
ISSN 2541-4348.
Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/139>. Date accessed: 12 july 2025.
doi: https://doi.org/10.30738/jm.v2i1.139.
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.