PENGARUH RAMADHAN TERHADAP RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

  • Risal Rinofah Dosen Prodi Manajemen FE-UST
  • Rahayu Setiasri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat (1) pengaruh Ramadhan terhadap return saham dan (2) volume perdagangan saham pada Jakarta Islamic Index.


Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index yang berjumlah 30 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji beda yaitu uji T (T-test).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap return saham sebelum dan selama Ramadhan, selama dan sesudah Ramadhan, serta volume perdagangan saham sebelum dan sesudah Ramadhan tidak berpengaruh secara signifikan. Hasil yang berbeda didapatkan pada pengujian volume perdagangan saham selama dan sesudah Ramadhan, dimana memperoleh hasil yang signifikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-08
How to Cite
RINOFAH, Risal; SETIASRI, Rahayu. PENGARUH RAMADHAN TERHADAP RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 70-77, july 2017. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/269>. Date accessed: 20 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v7i1.269.