PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE DI YOGYAKARTA

  • Dwi Widayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada masyarakat wilayah Yogyakarta. 2) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada masyarakat Yogyakarta. 3) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada masyarakat Yogyakarta. Sifat penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu kualitas produk dan harga serta satu variabel terikat yaitu keputusan pembelian produk Tupperware. Populasi dalam penelitian adalah semua masyarakat wilayah Yogyakarta yang menjadi konsumen produk Tupperware. Teknik pengambilan sampel dengan metode Convenience Sampling, jumlah sampel 100 orang. Untuk memperoleh data menggunakan teknik angket/kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada masyarakat Yogyakarta, nilai signifikansi 0,000, dengan persamaan regresi Y= 3,765 + 0,571
X1 + 0,292 X2. (2) Terdapat pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada masyarakat Yogyakarta, dengan nilai t hitung 10,296 dengan nilai signifikansi 0,000 (3) Terdapat pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada masyarakat Yogyakarta, dengan nilai t hitung 3,878; nilai signifikansi 0,000. Besar kontribusi oleh nilai R2 sebesar 62,6%, dan sisanya sebesar 37,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci : Kualitas produk, harga, dan keputusan pembelian produk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-12-18
How to Cite
WIDAYATI, Dwi. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE DI YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 65 - 74, dec. 2012. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/146>. Date accessed: 13 july 2025. doi: https://doi.org/10.30738/jm.v2i2.146.