Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Melalui Strategi Pengembangan Kolaborasi Bisnis (Studi Kasus Industri Kecil Kerajinan Mendong di Dusun Parakan, Desa Sumbersari Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman DIY)

  • Sri Utami

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh UMKM termasuk industri kecil kerajinan mendong cukup komplek. Untuk itu faktor internal dan ekstern perlu dikaji secara simultan. Dari sisi internal, masalah yang komplek dari suatu usaha pada mulanya adalah ditemukan masalah pengembangan produk, pemasaran hasil produksi, ketidaksiapan dan ketidak efektifnya dalam industri dijaman modern termasuk pada industri kecil adalah yang dituntut banyak dan yang dihasilkan sedikit, sehingga industri modern dan industri kecil ini cenderung tidak efisien.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ketidak berdayaan ekonomi rakyat, serta untuk menemukan masalah-masalah mendasar dan strategis maupun langkah-langkah yang tepat untuk melakukan pemberdayaan secara praktis.

Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan metode diskriptif eksploratif dan dibantu dengan model analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk meningkatkan usaha pada industri kecil perlu dilakukan melelui penguatan potensi internal, agar industri kecil mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Hal ini dapat dilakukan melalui pengembangan kolaborasi bisnis atau aliansi strategis antar sesama industri kecil sejenis untuk mencapai skala usaha yang ekonomis dan meningkatkan cakupan usaha yang lebih besar lagi.

Kata-kata Kunci: Industri Kecil, Pemberdayaan, Strategi, Kolaborasi Bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-06-27
How to Cite
UTAMI, Sri. Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Melalui Strategi Pengembangan Kolaborasi Bisnis (Studi Kasus Industri Kecil Kerajinan Mendong di Dusun Parakan, Desa Sumbersari Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman DIY). Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 9-18, june 2012. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/137>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30738/jm.v2i1.137.