ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS TERHADAP TOKO BINTANG MANDIRI DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN ASPEK KEUANGAN

  • Yona Fadila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Pada saat ini, perekonomian Indonesia menuntut para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM untuk mampu menurunkan tingkat keterpurukan ekonomi serta pengangguran di Indonesia serendah-rendahnya. Salah satu dari sekian banyak jenis UMKM yang selalu berkembang dengan berbagai inovasi dari keragaman komoditas lokal yaitu dari sektor makanan ringan atau dikenal dengan snack, seperti pada Toko Bintang Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan secara kualitatif yang dilakukan di Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan narasumber yang terkait. Toko Bintang Mandiri, yaitu pemilik usaha dan pelanggan. Hasil analisis studi kelayakan bisnis makanan ringan Toko Bintang Mandiri dari aspek pemasaran dikatakan layak dengan melakukan pemantauan banyak promosi ke pasar, harga yang bersaing, letaknya strategis, dan mudahnya akses untuk distribusi. sejauh ini tidak hanya di wilayah kabupaten Bekasi tetapi merambah ke Pulau Sumatera. Berdasarkan evaluasi dari aspek keuangan yang kami lakukan. evaluasi dari usaha makanan ringan Toko Bintang Mandiri melalui standar studi kelayakan bisnis menyampaikan PP yaitu selama 7 bulan 3 minggu dengan nilai PI sebesar 1,36%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-02
How to Cite
FADILA, Yona. ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS TERHADAP TOKO BINTANG MANDIRI DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN ASPEK KEUANGAN. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 777-784, jan. 2024. ISSN 2656-4149. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/4121>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.30738/ed_en.v7i1.4121.