ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI BUKALAPAK

  • Muhammad Subkhan STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Eva Fikri S STIE Widya Wiwaha

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Akses dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Aplikasi Bukalapak di Kalangan Masyarakat Umbulharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan  kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pengguna Aplikasi Bukalapak yang tinggal di Wilayah Umbulharjo dan pernah melakukan pembelian di Aplikasi Bukalapak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang dihitung berdasarkan rumus berjumlah -- responden tapi responden yang terkumpul sebanyak 100 responden. Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online google form dengan link (https://bit.ly/kuisBLfu ), yang disebar melalui whatsApp. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas,  Reliabilitas, Uji t, Uji F, Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Korelasi (R), dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.026 < 0.05. Variabel Kemudahan berpengaruh  signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.000 < 0.05. Variabel Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.023 < 0.05. Sedangkan secara simultan diketahui bahwa variabel Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.000 < 0.05. Selain itu hasil perhitungan R Square Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko 0.562 atau 56.2% terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan sisanya sebesar 43.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


 


Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian.


 


ABSTRACT


 


This study aims to determine the effect of Trust, Ease and Risk Perception on the Purchase Decision of Bukalapak Application Users among the Umbulharjo Community. This type of research is survey research with a quantitative approach. The population in this study are all Bukalapak Application Users who live in the Umbulharjo Region and have made purchases on the Bukalapak application. The sampling technique used was purposive sampling. The sample calculated based on the formula amounted to -- respondents but the respondents collected were 100 respondents. Research data includes primary data and secondary data. The data collection technique uses an online google form questionnaire with a link ( https://bit.ly/kuisBLfu ), which is distributed via WhatsApp. Tests in this study using Validity Test, Reliability, t test, F test, Multiple Linear Regression, Correlation Coefficient Test (R), and Coefficient of Determination Test (R2). The results of this study indicate that partially the trust variable has a significant effect on purchasing decisions where the significant value is 0.026 < 0.05. The convenience variable has a significant effect on purchasing decisions where the significant value is 0.000 < 0.05. Risk perception variable has a significant effect on purchasing decisions where the significant value is 0.023 < 0.05. Meanwhile, it is simultaneously known that the variables of Trust, Ease and Risk Perception have a significant effect on Purchase Decisions where the significant value is 0.000 < 0.05. In addition, the results of the R Square calculation of Trust, Ease and Risk Perception of 0.562 or 56.2% of Purchase Decisions, while the remaining 43.8% are influenced by other factors not examined in this study.


 


Keywords: Trust, Ease, Risk Perception, Purchase Decision.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-25
How to Cite
SUBKHAN, Muhammad; FIKRI S, Eva. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI BUKALAPAK. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 197 - 211, dec. 2022. ISSN 2541-4348. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3386>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v13i2.3386.