PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE MELALUI MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DAN MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI (STUDI PADA UMKM SEKTOR FASHION DI MALANG)

  • Lailatul Farida Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan marketplace dalam upaya meningkatkan penjualan dan mempertahankan bisnis UMKM di masa pandemi. Tercatat, berdasarkan data dari Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang pada 2020 ada sebanyak 9.870 usaha mikro yang ada di Wilayah Kota Malang, Jawa Timur tergabung dalam marketplace Shopee. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan bergabung di Shopee, terjadi peningkatan penjualan di atas 50%, transaksi minimal per order Rp 50.000 - 100.000, frekuensi transaksi terjadi setiap hari. Selain itu UMKM akan tetap bertahan di marketplace Shopee jika bergabung di sana tidak memberi banyak benefit. Mereka akan melakukan evaluasi mengapa hal itu bisa terjadi. UMKM mudah dalam memantau usaha di aplikasi Shopee Seller karena fitur-fitur pendukungnya yang telah memadai dan mudah digunakan. Pengelola Shopee sangat memperhatikan semua merchant dalam mempertahankan bisnisnya, sehingga terjalin hubungan yang baik antara marketplace dengan merchant UMKM. Dengan berbagai alasan tersebut, membuat para UMKM Sektor Fashion di Malang yakin bahwa dengan bergabung di marketplace Shopee akan membantu mereka mempertahankan bisnis terutama di masa pandemi. Hasil penelitian ini didukung oleh penelitian Damayanti, Hidayat (2021).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-25
How to Cite
FARIDA, Lailatul. PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE MELALUI MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DAN MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI (STUDI PADA UMKM SEKTOR FASHION DI MALANG). Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 212 - 219, dec. 2022. ISSN 2541-4348. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3231>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v13i2.3231.