F BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN

  • Febriani Febriani Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja melalui komitmen organisasi untuk meningkatkan kinerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang.


Metode Penelitian dalam penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif untuk menguji hubungan antar variable yang digunakan yaitu budaya organisasi, lingkungan kerja, melalaui komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang. Teknik pengambilan sample secara random serta analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model struktural (inner model) adalah untuk memprediksi hubungan antar variabel. Analisis ini dilakukan dengan mengunakan Aplikasi Smart-PLS.


Hasil penelitian diperoleh bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap komitmen organisasi. Artinya semakin kuat nilai-nilai, norma-norma atau peraturan yang dijalankan, maka semakin tinggi komitmen karyawan. Lingkungan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi, artinya lingkungan kerja tidak terlalu berpengaruh terhadap komitmen organisasi. Lingkungan kerja yang tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi bisa saja yang bersifat umum seperti pemilihan warna gedung atau warna cat ruangan serta sirkulasi udara, sehingga tidak mempengaruhi komitmen karyawan. Sedangkan komitmen organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja, artinya komitmen karyawan dalam bekerja lebih rendah sehingga dapat menurunkan kinerja. Hal ini disebabkan adanya beberapa karyawan yang mencari kesibukan diluar sehingga melemahkan semangat kerja karyawan yang lain

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-27
How to Cite
FEBRIANI, Febriani. F BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 196 - 204, dec. 2021. ISSN 2541-4348. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2813>. Date accessed: 18 may 2022. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v11i2.2813.