ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, ACCESSIBILITY DAN EMOTIONAL CONNECTION TERHADAP BRAND CHOICE SEPEDA MOTOR HONDA DI YOGYAKARTA

  • Ach Anwarudin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap brand choice sepeda motor honda. (2) Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap brand choice sepeda motor honda. (3) Untuk mengetahui pengaruh accessibility terhadap brand choice sepeda motor honda. (4) Untuk mengetahui pengaruh emotional
connection terhadap brand choice sepeda motor honda.

Variabel dalam penelitian ini adalah Brand Awareness, Brand Image, Accessibility, Emotional Connection dan Brand Choice. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pemakai sepeda motor merek honda di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu metode pemilihan sampel yang diambil dari anggota populasi yang dipilih secara kebetulan sesuai tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi berganda.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa : Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukan bahwa X1 (Brand Awareness) berpengaruh secara positif terhadap Y (Brand Choice), semakin banyak orang yang menyadari tentang Brand Awareness maka semakin meningkat pula minat
konsumen untuk memilih merek tersebut. Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukan bahwa X2 (Brand Image) berpengaruh secara positif terhadap Y (Brand Choice) semakin meningkat Brand Image maka semakin meningkat pula minat konsumen untuk memilih merek tersebut.
Hasil pengujian dari hipotesis 3 menunjukan bahwa X3 (Accessibility) tidak berpengaruh secara positif terhadap Y (Brand Choice) artinya meskipun banyak orang yang memperhatikan faktor Accessibility belum tentu mempengaruhi minat para konsumen untuk memilih merek tersebut.

Hasil pengujian hipotesis 4 menunjukan bahwa X4 (Emotional onnection) berpengaruh secara positif terhadap Y (Brand Choice) semakin banyak orang yang memperhatikan faktor Emotional Connection maka semakin tinggi pula minat konsumen untuk memilih merek tersebut.

Kata kunci : Brand Awareness, Brand Image, Accessibility, Emotional Connection dan Brand Choice.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-06-17
How to Cite
ANWARUDIN, Ach. ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, ACCESSIBILITY DAN EMOTIONAL CONNECTION TERHADAP BRAND CHOICE SEPEDA MOTOR HONDA DI YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1- 10, june 2015. ISSN 2541-4348. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/178>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30738/jm.v5i1.178.