PERSPEKTIF PEMBELAJARAN BERINVESTASI PASAR MODAL DENGAN STIMULUS FREE OPENING ACCOUNT DI GALERI INVESTASI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

  • Agus Dwi Cahya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keputusan berinvestasi dengan perspektif pembelajaran pasar modal melalui pembukaan akun di galeri Investasi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel terhadap 50 mahasiswa secara acak yang menerima fasilitas pembukaan akun secara gratis yang didanai oleh hibah DIKTI 2015 yang diperoleh Dr. Sri Hermuningsih, SE, MM. Metode analisis yang digunakan Partial Least Square (PLS) yaitu SEM yang berbasis variansi dengan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran pasar modal tidak signifikan 0.967, (2) Pengetahuan akan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi saham dengan signifikansi sebesar 0.113, (3) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi dengan signifikani 0.034, (4) Tempat tidak berpengaruh dengan signifikansi 0.394, (5) Pembelajaran Pasar Modal, Pengetahuan Produk, Harga pembukaan rekening, serta tempat galeri investasi BEI UST secara bersama berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi saham sebesar 0.0006, (6) Moderasi Stimulus Fasilitas Pembukaan akun gratis tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran pasar modal dengan keputusan berinvestasi mahasiswa UST sebesar 0.328.



Kata Kunci: Pembelajaran, Produk, Harga, Tempat, Stimulus, Keputusan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-23
How to Cite
CAHYA, Agus Dwi. PERSPEKTIF PEMBELAJARAN BERINVESTASI PASAR MODAL DENGAN STIMULUS FREE OPENING ACCOUNT DI GALERI INVESTASI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA. UPAJIWA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 22-38, apr. 2020. ISSN 2579-535X. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/magistermanajemen/article/view/1678>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.26064/upa.v1i1.1678.