PERSPEKTIF PEMBELAJARAN BERINVESTASI PASAR MODAL DENGAN STIMULUS FREE OPENING ACCOUNT DI GALERI INVESTASI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keputusan berinvestasi dengan perspektif pembelajaran pasar modal melalui pembukaan akun di galeri Investasi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel terhadap 50 mahasiswa secara acak yang menerima fasilitas pembukaan akun secara gratis yang didanai oleh hibah DIKTI 2015 yang diperoleh Dr. Sri Hermuningsih, SE, MM. Metode analisis yang digunakan Partial Least Square (PLS) yaitu SEM yang berbasis variansi dengan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran pasar modal tidak signifikan 0.967, (2) Pengetahuan akan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi saham dengan signifikansi sebesar 0.113, (3) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi dengan signifikani 0.034, (4) Tempat tidak berpengaruh dengan signifikansi 0.394, (5) Pembelajaran Pasar Modal, Pengetahuan Produk, Harga pembukaan rekening, serta tempat galeri investasi BEI UST secara bersama berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi saham sebesar 0.0006, (6) Moderasi Stimulus Fasilitas Pembukaan akun gratis tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran pasar modal dengan keputusan berinvestasi mahasiswa UST sebesar 0.328.
Kata Kunci: Pembelajaran, Produk, Harga, Tempat, Stimulus, Keputusan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama kepada Upajiwa Dewantara dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.