STUDI PERSEPSI PELANGGAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN WISATA PADA MUSEUM KARS INDONESIA
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Persepsi Pelanggan Dalam Peningkatan Kepuasan Wisata Pada Museum Kars Indonesia. Dalam penelitian ini populasi adalah semua wisatawan yang
berkunjung di Kawasan Museum Kars Indonesia. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner dengan pertanyaan terstruktur dan skala likert dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis Patial Least Square (PLS). berdasarkan analisis jalur dapat disimpulkan pengaruh langsung atraksi wisata terhadap kepuasan wisatawan dipersepsikan paling baik dengan efek total sebesar 0.425, pemandu wisata terhadap kepuasan wisatawan dipersepsikan rendah dengan efek total sebesar 0.324 sehingga perlu ditingkatkan, sedangkan Muatan Edukasi terhadap kepuasan wisatawan dipersepsikan paling rendah dengan efek total sebesar 0.291 sehingga perlu pembenahan dan peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel muatan edukasi, atraksi wisata dan pemandu wisata berpengaruh signifikan terhadap persepsi pengunjung, Variabel muatan edukasi, atraksi wisata dan pemandu wisata yang ada di Museum Kars Indonesia secara simultan berpengaruh sigifikan terhadap persepsi pengunjung dengan koefisien sebesar 0.641.
Kata Kunci: Atraksi, Kepuasan, Muatan Edukasi, Pemandu Wisata, Persepsi
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama kepada Upajiwa Dewantara dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.