STUDI PERSEPSI PELANGGAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN WISATA PADA MUSEUM KARS INDONESIA

  • Fusca Asti Anggraini

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Persepsi Pelanggan Dalam Peningkatan Kepuasan Wisata Pada Museum Kars Indonesia. Dalam penelitian ini populasi adalah semua wisatawan yang
berkunjung di Kawasan Museum Kars Indonesia. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner dengan pertanyaan terstruktur dan skala likert dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis Patial Least Square (PLS). berdasarkan analisis jalur dapat disimpulkan pengaruh langsung atraksi wisata terhadap kepuasan wisatawan dipersepsikan paling baik dengan efek total sebesar 0.425, pemandu wisata terhadap kepuasan wisatawan dipersepsikan rendah dengan efek total sebesar 0.324 sehingga perlu ditingkatkan, sedangkan Muatan Edukasi terhadap kepuasan wisatawan dipersepsikan paling rendah dengan efek total sebesar 0.291 sehingga perlu pembenahan dan peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel muatan edukasi, atraksi wisata dan pemandu wisata berpengaruh signifikan terhadap persepsi pengunjung, Variabel muatan edukasi, atraksi wisata dan pemandu wisata yang ada di Museum Kars Indonesia secara simultan berpengaruh sigifikan terhadap persepsi pengunjung dengan koefisien sebesar 0.641.


 
Kata Kunci: Atraksi, Kepuasan, Muatan Edukasi, Pemandu Wisata, Persepsi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-23
How to Cite
ANGGRAINI, Fusca Asti. STUDI PERSEPSI PELANGGAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN WISATA PADA MUSEUM KARS INDONESIA. UPAJIWA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-21, apr. 2020. ISSN 2579-535X. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/magistermanajemen/article/view/1677>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.26064/upa.v1i1.1677.