Pengaruh Pembelajaran Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kesadaran Calon Wajib Pajak Dengan Tax Center Sebagai Variabel Moderating

  • sri devi ratnasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Andri waskita Aji Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

This study aimed to test and provide empirical evidence of the taxation learning and socialization on students' awareness to become taxpayers who obey the tax center as a moderating variable. This research is classified as causative research. The data used in this study are primary data from the results of the questionnaire. Respondents in this study were accounting study students at the Faculty of Economics at Sarjanawiyata Tamansiswa University. the sample was selected by purposive sampling method and 80 questionnaires were obtained. Data were analyzed using SPSS version 16.0. The data analysis technique in this study used multiple linear regression techniques and pure moderators. The results of this study indicate that: (1) taxation learning has a positive effect on students' awareness of being compliant taxpayers, (2) tax socilization does not affect the awareness of students to become obedient taxpayers, (3) tax centers weaken the influence of learning relationships taxation on the awareness of students to become obedient taxpayers; and (4) tax centers strengthen the relationship of the effect of taxation socialization on the awareness of students to become obedient taxpayers. It is recommended for future research to add other variables that influence students' awareness to become obedient taxpayers.

References

Aryani, N. P. D. (2016). Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir, Ekonomi, Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Universitas Udayana, 16, 1–26.

Azis, A. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Persepsi Masa Studi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Program Pasca Magister Ilmu Akuntansi, 1–62. Retrieved From Http://Digilib.Unila.Ac.Id/25422/

Azizah, A. B. F. (2017). Pengaruh Motivasi, Lama Pendidikan, Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak), 1–18.

Hadiprasetyo, T. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Persepsi Masa Studi Terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi Skripsi, 1–174.

Kurniawan, D. H. (2017). Analisis Pengaruh Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi, Pengalaman Kerja Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 91, 1–17.

Kusumo, D. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Fire Engineering, 1–16.

Mahayani, N. M. D. (2017). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, Dan Pengetahuan Mahasiswa Akuntansi Program S1 Tentang Pajak Terhadap Pilihan Berkarir Dibidang Perpajakan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1–11.

Muslim. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–14.

Nurjanah, P. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Mendaftar Ppak Sebagai Dampak Dari Peraturan Menteri Keuangan (Pmk) No.25/Pmk.01/2014, (1–64).

Pambudi, E. R. (2017). Pengaruh Motivasi, Lama Pendidikan, Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–15.

Pradana, D. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi Terhadap Minat Menjadi Akuntan Perusahaan Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–155. Retrieved From Http://Www.Albayan.Ae

Prasetiawan, D. (2017). Pengaruh Motivasi, Kualitas, Dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) (Studi. Universitas Nusantara Pgri Kediri, (12).

Pratiwi, R. H. (2017). Pengujian Theory Of Planned Behavior Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Memperoleh Sertifikasi Chartered Accountant (Ca). Universitas Iain Surakarta, 1–143.

Purnaningtyas, H. A. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–17.

Resmi, S. S. (2017). Pengaruh Motivasi, Lama Pendidikan, Biaya Pendidikan, Kompetensi, Dan Reputasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–19.

Salman Husin. (2015). Pengaruh Motivasi Kualitas Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) Dengan Kepribadian Individu Sebagai Variabel Moderating. Universitas Riau, 1–15.

Sari, D. A. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, 1–18.

Setyaningsih, P. (2016). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Naskah Publikasi, 1–22.

Siwi, M. P. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Stie Widya Wiwaha, 1–95.

Verawati, D. (2016). Pengaruh Motivasi, Akreditasi Prodi, Fasilitas Pendidikan, Konsentrasi Jurusan, Biaya Pendidikan Dan Reputasi Pendidik Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Magister Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–20.
Published
2023-09-26
How to Cite
RATNASARI, sri devi; AJI, Andri waskita. Pengaruh Pembelajaran Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kesadaran Calon Wajib Pajak Dengan Tax Center Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 703 - 714, sep. 2023. ISSN 2656-1395. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/jap/article/view/947>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24964/japd.v2i1.947.