Faktor Pengaruh Etika Profesi Akuntan, Sikap Love of Money dan Perguruan Tinggi Dalam Penolakan Praktik Creative Accounting
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pengetahuan etika profesi akuntan, sikap love of money terhadap penolakan praktik creative accounting dan apakah terdapat perbedaan jenis perguruan tinggi dalam penolakan praktik creative accounting.
Penelitian mengambil sampel mahasiswa program studi S1 Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan salah satu program studi S1 Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta yang telah menempuh atau sedang mengambil mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 dan 2, Pengauditan 1 dan 2, dan Etika Bisnis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada responden. Jumlah kuesioner yang diolah adalah sebanyak 100 kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan etika profesi akuntan berpengaruh positif terhadap penolakan praktik creative accounting. Sikap love of money tidak berpengaruh terhadap penolakan praktik creative accounting. Terdapat perbedaan jenis perguruan tinggi dalam penolakan praktik creative accounting.
Referensi
Arif, M. L. S., Aulia, R., & Herawati, N. (2014). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Tentang Praktik Craetive Accounting. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5, 1—169.
Aziz, T. I., & Taman, A. (2015). Pengaruh Love Of Money Dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Uny Angkatan 2013 Dan Angkatan 2014). Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Volume Iv Nomor 2, 1—14.
Basri, Y. M. (2015). Pengaruh Gender, Religiusitas Dan Sikap Love Of Money Pada Persepsi Etika Penggelapan Pajak Mahasiswa Akuntasi. Fakultas Ekonomi, Universitas Riau, Vol. 10. 46 No. 1, 1—10.
Ccnindonesia (2018). Pemerintah Akan Lelang Surat Utang Negara Pada 22 Mei 2018. ,
Dhamayanti, M. D., & Sari, R. C. (2017). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Dan Orientasi Etis Terhadap Presepsi Mahasiwa Akuntan Mengenai Craeative Accounting. Jurnal Fakultas Ekonomi 2017 Uny, 1—14.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 7.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 Edisi 9 (Ke-9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, A., & Sukirman, A. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Etika Dan Love Of Money Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (Snp2m), 126—130.
Himmah, E. F. (2013). Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Skandal Etis Auditor Dan Corporate Manager. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4 Nomor 1, 1—164.
Iapi. (2008). Kode Etik Profesi Akuntan Publik Indonesia.
Kuncoro, M. (2013). Mudah Dan Menganalisis Indikator Ekonomi. In Upp Stim Ykpn. Yogyakarta: Upp Sttim Ykpn.
Kurniawan, P. I., & Widanaputra, A. A. G. P. (2017). Pengaruh Love Of Money Dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.21.3. Desember (2017): 2253-2281. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2017.V21.I03.P20
Maith, H. A. (2013). Analisis Laporan Kuenagan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Emba, 1(3), 619—628.
Mardawati, R., & Aisyah, M. N. (2016). Pengaruh Orintasi Etis, Gender, Dan Penetahuan Etika Terhadap Prespesi Mahasiwa Akuntansi Atas Perilaku Tidak Etis Akuntan. Uny, 6, 1—15.
Novitasari, D., & Sukanti. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, Dan Muatan Etika Dalam Pengajaran Akuntansi Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Profita, Edisi 2, 1—18.
PP (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Prabowo, P. P., & Widanaputra, A. A. G. . (2018). Pengaruh Love Of Money, Machiavellian, Dan Idealisme Pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(1), 513—537. Https://Doi.Org/Htts://Doi.Org/10.24843/Eja.2018v23.I01.P20
Pradanti, N. R. (2014). Analisis Pengaruh Love Of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi.
Pramitasari, R. D. A., & Harun, F. (2017). Pengaruh Sifat Machia Vellian Dan Love Of Money Terhadap Perilaku Etis Auditor.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1(83), 1—11.
Rahayu, S., & Sari, R. C. (2017). Pengaruh Gender, Penegtahuan Etika Profesi Akuntan, Dan Jenias Perguruan Tinggi Terhadap Prespesi Mahasiwa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Jurnal Fakultas Ekonomi 2017, 1—15.
Rahayuningsih, A., Sulistyo, H., & Harjanto, S. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Atas Sikap Tidak Etis Akuntan Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Moderating. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisnu Jepara, 13 Nomor 2.
Sapariyah, R. A., Setyorini, Y., & Dharma, A. B. (2015). Pengaruh Muatan Etika Dalam Pengajaran Akuntansi Keuangan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta). Vol. 13, No. 02, 1—15.
Saputri, I., & Sari, R. C. (2017). Pengaruh Orientasi Etis, Gender, Dan Jenis Perguruan Tinggi Terhadap Prespesi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting. Uny, 1—13.
Sipayung, E. R., & Cahyonowati, N. (2015). Analisis Pengaruh Aspek Demografi, Status Sosial Ekonomi, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervenung. 4(2), 419—433.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriono, N. (2011). Arti Perguruan Tinggi. Retrieved December 15, 2019, From Http://Www.Id.Shvoong.Com/Social-Sciences/Education/2124265-Arti-Perguruan-Tinggi/
Wati, M., & Sudibyo, B. (2016). Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis Dan Religiusitas Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. Universitas Gadjah Mada, Indonesia, Volume 12, Nomor 2, 1—19.

This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.