Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, dan Media Sosial Terhadap Minat Investasi Generasi Z di Desa Wajak Lor
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah guna menguji bagaimana literasi keuangan, pengendalian diri, dan media sosial mempengaruhi minat investasi generasi Z di desa Wajak Lor. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuisioner yang disebarluaskan melalui google form. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling non-probability dan menghasilkan 90 responden dari generasi Z di desa Wajak Lor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial bahwa literasi keuangan dan media sosial memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat investasi, sedangkan pengendalian diri tidak memberikan pengaruh terhadap minat investasi. Kemudian secara simultan atau bersama-sama, literasi keuangan, pengendalian diri, dan media sosial memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat investasi. Penelitian ini memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan dalam minat investasi yang akan dilakukan oleh para generasi Z atau generasi lainnya berdasarkan pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Serta bermanfaat bagi penelitian selanjutnya guna dijadikan referensi penelitian berdasarkan ketertarikan dalam penggunaan variabel yang sama atau bahkan mengungkapkan lebih banyak variabel lainnya.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.