Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, dan Media Sosial Terhadap Minat Investasi Generasi Z di Desa Wajak Lor

  • Ragil Nurkumalasari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Deny Yudiantoro UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah guna menguji bagaimana literasi keuangan, pengendalian diri, dan media sosial mempengaruhi minat investasi generasi Z di desa Wajak Lor. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuisioner yang disebarluaskan melalui google form. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling non-probability dan menghasilkan 90 responden dari generasi Z di desa Wajak Lor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial bahwa literasi keuangan dan media sosial memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat investasi, sedangkan pengendalian diri tidak memberikan pengaruh terhadap minat investasi. Kemudian secara simultan atau bersama-sama, literasi keuangan, pengendalian diri, dan media sosial memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat investasi. Penelitian ini memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan dalam minat investasi yang akan dilakukan oleh para generasi Z atau generasi lainnya berdasarkan pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Serta bermanfaat bagi penelitian selanjutnya guna dijadikan referensi penelitian berdasarkan ketertarikan dalam penggunaan variabel yang sama atau bahkan mengungkapkan lebih banyak variabel lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-21
How to Cite
NURKUMALASARI, Ragil; YUDIANTORO, Deny. Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, dan Media Sosial Terhadap Minat Investasi Generasi Z di Desa Wajak Lor. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 7, n. 3, june 2024. ISSN 2656-4149. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/4241>. Date accessed: 12 july 2025. doi: https://doi.org/10.30738/ed_en.v7i3.4241.