PERAN GALERI UKM BANYUMAS RAYA DALAM MEMPERLUAS JARINGAN PEMASARAN BAGI UMKM LOKAL

  • Dea Mutiara Putri Universitas Jenderal Soedirman
  • Nandita Mar’atus Syifa Universitas Jenderal Soedirman
  • Dijan Rahajuni Universitas Jenderal Soedirman
  • Oki Anggraeni Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Galeri UKM Banyumas Raya dalam Memperluas Jaringan Pemasaran bagi UMKM Lokal. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif berdasarkan fakta lapangan. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder dengan informan pengelola galeri UKM Banyumas Raya. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa galeri ukm banyumas raya mempunyai peran dalam memperluas jaringan pemasaran bagi umkm lokal dengan melakukan promosi dan pemasaran online diantaranya menggunakan Instagram, Tiktok, Facebook, Website dan E-Commerce, sedangkan pemasaran offline dengan mengikuti acara pameran, acara yang diselerenggarakan oleh pemerintah daerah Banyumas ataupun dinas terkait, seperti Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan, dan Koperasi. Selain itu, bekerjasama dengan hotel dan rumah makan untuk mendisplay produk UMKM di loby hotel atau rumah makan tersebut. Sehingga terdapat peningkatan penjualan dan memperluas jaringan pemasaran. Tantangan yang dihadapi oleh Galeri UKM Banyumas diantaranya kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan sosial media, dan kebijakan efisiensi anggaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barus, D. R., Natanael Simamora, H., Glora Surya Sihombing, M., Panjaitan, J., & Susana Saragih, L. (2023). Tantangan Dan Strategi Pemasaran Umkm Di Era Teknologi Dan Digitalisasi. Journal Of Creative Student Research (Jcsr), 1(6), 357–365. Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i6.2958
Bpk Ri. (2021). No Title. Bpk Ri. Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Details/161837/Pp-No-7-Tahun-2021
Diman, B., Studi, P., Bisnis, A., Tinggi, S., Administrasi, I., & Nusantara, P. (2022). Pengembangan Media E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Akses Pasar Pada Galeri Umkm Wilayah Kabupaten Nagan Raya Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3).
Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Banyumas. (2024). Data Dan Informasi Kabupaten Banyumas 2024. Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Banyumas.
Dinas Tenaga Kerja, K. Dan U. Kecil Dan M. P. K. B. (2023). Mayoritas Pelaku Umkm Adalah Perempuan. Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Pemerintah Kabupaten Banyumas. Https://Dinnakerkopukm.Banyumaskab.Go.Id/Read/41683/Mayoritas-Pelaku-Umkm-Adalah-Perempuan#:~:Text=%22 Jumlah Pelaku Umkm Di Banyumas,Kerja Cerdas Dan Kerja Ikhlas
Erislan. (2024). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital. Mitra Ilmu.
Ferdinand, Deograsias Yoseph Yustinianus; Tresyanto, C. A. (2020). Buku Ajar Strategi Pemasaran Umkm. Cv. Putra Media Nusantara (Pmn).
Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nurmoko, A. H. (2024). Analisis Ekonomi Banyumas Dalam 5 Tahun Terakhir Dan Prediksi 10 Tahun Ke Depan. Kumparan. Https://Kumparan.Com/Aditya-Hera-Nurmoko/Analisis-Ekonomi-Banyumas-Dalam-5-Tahun-Terakhir-Dan-Prediksi-10-Tahun-Ke-Depan-230yragnanj
Rachmawati, I. N. (2007). Data Collection In Qualitative Research: Interviews. Indonesian Journal Of Nursing, 11(1), 35–40.
Renata, A., Sos, S., Si, M., Retno, N., Sos, S., Si, M., Politik, D., Ilmu, F., & Politik, I. (2024). Peran Pemerintah Dalam Upaya Pemasaran Produk Umkm Melalui Galeri Salapak Di Kota Bandung.
Sarif, R. (2023). Peran Umkm Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Maliki Interdisciplinary Journal (Mij) Eissn, 1(1), 68–73. Http://Urj.Uin-Malang.Ac.Id/Index.Php/Mij/Index
Silaningsih, E., Kartini, T., Yuningsih, E., Oktaviani, L., & Hidayat, R. B. (2023). Pendampingan Pengembangan Umkm Melalui Pemasaran Digital Pada Saung Gallery Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 7(2), 94–103.
Sudirman, Indriyanti., Dan Musa, M. I. (2023). Strategi Pemasaran. In Makalah Ilmiah Ekonomika. Intelektual Karya Nusantara.
Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi Umkm Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. Mbia, 19(3), 293–308. Https://Doi.Org/10.33557/Mbia.V19i3.1167
Zulkifli., Rachim, R. (2024). Model Pengembangan Pemasaran Produk Lokal Umkm Di Galeri Umkm Etham Nusantara Provinsi Kalimantan Timur. 26(4), 865–875.
Published
2025-06-30
How to Cite
PUTRI, Dea Mutiara et al. PERAN GALERI UKM BANYUMAS RAYA DALAM MEMPERLUAS JARINGAN PEMASARAN BAGI UMKM LOKAL. Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 27 - 38, june 2025. ISSN 2540-9646. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/4512>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.30738/ja.v13i1.4512.