BANK PERKREDITAN RAKYAT, KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS NASABAH

  • Adhi Prakosa Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Bank perkreditan rakyat (BPR) adalah salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan mikro, kecil dan menengah terutama dalam penyaluran kredit. Seperti dengan bank umum, bank BPR mempunyai fungsi yang sama sebagai lembaga intermediate yang menghubungkan pihak yang mempunyai kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Pada saat ini seiring perubahan kebijakan ekonomi, tantangan yang dihadapi bank BPR semakin tinggi. Bank BPR harus menjaga kepercayaan nasabah untuk menjaga loyalitas konsumen di saat bersamaan bank-bank umum ikut menyalurkan kredit di sektor UMKM.
 Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kepercayaan nasabah pada bank BPR berpengaruh pada loyalitas nasabah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yakni para nsasabah bank yang mempunyai pinjaman usaha di PD BPR Bantul. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui kuesioner. Periode sampling dilakukan pada bulan April-Mei 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 45 debitur PD BPR Bantul.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa berdasar uji t, menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. dengan nilai sig 0,000. Nilai R2 sebesar 0,332 menunjukkan bahwa masih terdapat banyak faktor lain di luar kepercayaan sebesar 66,8% yang menjelaskan loyalitas nasabah.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-28
How to Cite
PRAKOSA, Adhi. BANK PERKREDITAN RAKYAT, KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS NASABAH. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 230 - 239, june 2019. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/816>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v9i1.816.