DAMPAK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DAN PENGEMBANGAN PRODUK GAMBIR DALAM PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN PADA UNIT USAHA JASA DAN INDUSTRI ANDALAS FARMA

  • Febriani Febriani Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Produksi gambir (Uncaria gambir (Hunter) merupakan komoditi ekspor di Indonesia yang sangat berperan dalam meningkatkan pembangunan industri nasional. Peningkatan kualitas dan pengembangan produk gambir perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan posisi perusahaan sebagai innovator dan menjaga pangsa pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kualitas produksi dan pengembangan produk gambir dalam peningkatan kepuasan kosumen pada Unit Usaha Jasa dan Industri Andalas Farma. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi  dua  objek yaitu internal dan eksternal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilapangan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa dampak kualitas produksi dan pengembangan produk gambir dalam peningkatkan kepuasan konsumen pada Unit Usaha Jasa dan Industri Andalas Farma adalah bahwa produksi gambir di unit usaha jasa dan industri andalas farma memiliki kualitas yang bagus. Kualitas yang bagus terlihat dari proses produksi, alat yang digunakan serta hasil yang diperoleh cukup baik. Sedangkan pengembangan produks gambir ini adalah  bahwa gambir tidak hanya sebagai obat tetapi juga sebagai bahan kosmestik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-10
How to Cite
FEBRIANI, Febriani. DAMPAK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DAN PENGEMBANGAN PRODUK GAMBIR DALAM PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN PADA UNIT USAHA JASA DAN INDUSTRI ANDALAS FARMA. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 88-96, jan. 2019. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/685>. Date accessed: 22 july 2019. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v8i2.685.