DAMPAK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DAN PENGEMBANGAN PRODUK GAMBIR DALAM PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN PADA UNIT USAHA JASA DAN INDUSTRI ANDALAS FARMA
Abstract
Produksi gambir (Uncaria gambir (Hunter) merupakan komoditi ekspor di Indonesia yang sangat berperan dalam meningkatkan pembangunan industri nasional. Peningkatan kualitas dan pengembangan produk gambir perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan posisi perusahaan sebagai innovator dan menjaga pangsa pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kualitas produksi dan pengembangan produk gambir dalam peningkatan kepuasan kosumen pada Unit Usaha Jasa dan Industri Andalas Farma. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua objek yaitu internal dan eksternal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilapangan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa dampak kualitas produksi dan pengembangan produk gambir dalam peningkatkan kepuasan konsumen pada Unit Usaha Jasa dan Industri Andalas Farma adalah bahwa produksi gambir di unit usaha jasa dan industri andalas farma memiliki kualitas yang bagus. Kualitas yang bagus terlihat dari proses produksi, alat yang digunakan serta hasil yang diperoleh cukup baik. Sedangkan pengembangan produks gambir ini adalah bahwa gambir tidak hanya sebagai obat tetapi juga sebagai bahan kosmestik
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.