KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN AKUISISI (Studi Kasus PT. ASTRA terhadap PT. GES)

  • Reni Wahyuningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Diah Lestari Mumpuni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui setelah akuisisi apakah tujuan perusahaan tercapai. Untuk mengetahui rasio-rasio manakah yang mengalami peningkatan setelah akuisisi


Subjek penelitian ini adalah PT. ASTRA Tbk. sebelum dan sesudah akuisisi. Objek penelitian ini adalah kinerja Keuangan sebelum dan sesudah akuisisi PT. ASTRA Tbk. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yang berupa: laporan keuangan  PT. ASTRA Tbk. Variabel penelitian ini adalah Current Ratio, Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turn Over Ratio, Profit Margin Rentabilitas Ekonomi dan Return On Equity. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji beda dengan uji peringkat tanda Wilcoxon  .


Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan Current ratio  antara sebelum dan sesudah akuisisi. Ada perbedaan Cash ratio antara sebelum dan sesudah akuisisi.  Ada perbedaan Debt to equity ratio antara sebelum dan sesudah akuisisi. Ada perbedaan Total asset turnover antara sebelum dan sesudah akuisisi. Tidak ada perbedaan profit margin  antara sebelum dan sesudah akuisisi. Ada perbedaan Rentabilitas Ekonomi antara sebelum dan sesudah akuisisi. Tidak ada perbedaan Return on equity antara sebelum dan sesudah akuisisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-23
How to Cite
WAHYUNINGSIH, Reni; MUMPUNI, Diah Lestari. KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN AKUISISI (Studi Kasus PT. ASTRA terhadap PT. GES). Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 53 - 65, july 2018. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/649>. Date accessed: 18 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v8i1.649.