PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAMBANAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

  • Isnanda Zainur Rohman STIE YKPN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan RSUD Prambanan. Penelitian dilakukan pada karyawan RSUD Prambanan dengan jumlah responden sebanyak 100 karyawan. Responden penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 18 indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian mendapatkan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Keterbatasan yang dimiliki penelitian ini yaitu lokasi penelitian ini hanya berada pada lingkup RSUD Prambanan sehingga hasil penelitian ini tidak dapat menjelaskan keadaan pada tempat lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-01
How to Cite
ROHMAN, Isnanda Zainur. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAMBANAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 30-41, dec. 2017. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/279>. Date accessed: 11 dec. 2017. doi: https://doi.org/10.26460/jm.v7i2.279.