Pengujian Efisiensi Pasar Dalam Merespon Pengumuman Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak Pada Perusahaan Papan Utama Bei

  • Vivi Ariyani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan bukti empiris mengenai kandungan informasi pada peristiwa sebelum dan setelah pengumuman kenaikan harga bahan bakar minyak pada tanggal 17 November 2014. Dengan menggunakan sampel pada perusahaan yang terdaftar pada papan pengembangan di Bursa Efek Indonesia berjumlah 89
perusahaan, dengan periode jendela untuk data mingguan harga saham dilakukan delapan minggu sebelum (h-8) dan delapan minggu sesudah (h+8) dari tanggal pengumuman kenaikan bahan bakar minyak pada 17 November 2014. Hasil penelitian dengan mengggunakan paired sample test menjelaskan bahwa para investor tidak bereaksi secara berlebihan, hal ini dapat dijelakan dengan peristiwa pengumuman kenaikan harga bahan bakar minyak pada 17 November 2015 tidak memiliki kandungan informasi yang signifikan. Para investor melakukan tindakan wait dan see di bursa tidak menganggap peristiwa kenaikan bahan bakar minyak sebagai suatu peristiwa yang akan mempengaruhi harga saham dan indeks harga saham.

Kata kunci: event study, kenaikan BBM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-30
How to Cite
ARIYANI, Vivi. Pengujian Efisiensi Pasar Dalam Merespon Pengumuman Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak Pada Perusahaan Papan Utama Bei. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 2, sep. 2016. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/189>. Date accessed: 02 apr. 2020.