PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PENJUALAN ADAPTIF (Studi kasus PT. Oriflame Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.30738/jm.v4i2.173Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Pelanggan terhadap Penjualan Adaptif PT. Oriflame Cabang Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Pembelajaran terhadap Penjualan Adaptif PT. Oriflame Cabang Yogyakarta. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Penjualan Adaptif PT. Oriflame Cabang Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 respoden, dimana respondennya adalah tenaga penjual PT. Oriflame cabang Yogyakarta.Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan progam komputer SPSS versi 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas kinerja Oriflame yang diukur dengan variabel-variabel Oreintasi Pelanggan (X1), Orientasi Pembelajaran (X2) dan Motivasi intrinsik (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan adaptif , diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y=0,284X1+ 0,187 X2+ 0,052 X3, besarnya pengaruh secara bersama-sama dapat diketahui dari F hitung sebesar 2.600 dan nilai koefisien determinasinya (R²) sebesar 0,089, artinya variabel-variabel Orientasi Pelanggan (X1), Orientasi Pembelajaran (X2) dan Motivasi Intrinsik (X3) secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap penjualan adaptif sebesar 8,9% dan 91,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Besarnya pengaruh secara individual dapat diketahui dengan uji t menunjukkan signifikasi faktor-faktor kualitas kinerja yang berpengaruh positif terhadap penjualan adaptif yaitu variabel orientasi pelanggan (X1) 0,048, Orientasi Pembelajaran (X2) 0,191, dan Motivasi intrinsik (X3) 0,709. Kata kunci : Orientasi pelanggan, Orientasi pembelajaran, Motivasi intrinsik, Penjualan adaptifDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2014-12-16
Issue
Section
Artikel
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



