PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PENJUALAN ADAPTIF (Studi kasus PT. Oriflame Yogyakarta)

  • Putri Wulandari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Pelanggan terhadap Penjualan Adaptif PT. Oriflame Cabang Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Pembelajaran terhadap Penjualan Adaptif PT. Oriflame Cabang Yogyakarta. (3) Untuk
mengetahui Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Penjualan Adaptif PT. Oriflame Cabang Yogyakarta.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 respoden, dimana respondennya adalah tenaga penjual PT. Oriflame cabang Yogyakarta.Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan progam komputer SPSS versi 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas kinerja Oriflame yang diukur dengan variabel-variabel Oreintasi Pelanggan (X1), Orientasi Pembelajaran (X2) dan Motivasi intrinsik (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan adaptif , diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y=0,284X1+ 0,187 X2+ 0,052 X3, besarnya pengaruh secara bersama-sama dapat diketahui dari F hitung sebesar 2.600 dan nilai koefisien determinasinya (R²) sebesar 0,089, artinya variabel-variabel Orientasi Pelanggan (X1), Orientasi Pembelajaran (X2) dan Motivasi Intrinsik (X3) secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap penjualan adaptif sebesar 8,9% dan 91,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Besarnya pengaruh secara individual dapat diketahui dengan uji t menunjukkan signifikasi faktor-faktor kualitas kinerja yang
berpengaruh positif terhadap penjualan adaptif yaitu variabel orientasi pelanggan (X1) 0,048, Orientasi Pembelajaran (X2) 0,191, dan Motivasi intrinsik (X3) 0,709.

Kata kunci : Orientasi pelanggan, Orientasi pembelajaran, Motivasi intrinsik, Penjualan adaptif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-16
How to Cite
WULANDARI, Putri. PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PENJUALAN ADAPTIF (Studi kasus PT. Oriflame Yogyakarta). Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 33 - 42, dec. 2014. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/173>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30738/jm.v4i2.173.