Variabilitas Harga Saham Pada Periode Perdagangan Dan Bukan Perdagangan (Studi pada Saham-Saham yang Termasuk dalam Kelompok LQ45)

  • Risal Rinofah
  • Raras Ayu Puspitasari

Abstract

Secara formal pasar modal yang efisien didefinisikan sebagai pasar yang harga-harga sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi-informasi yang relevan. Dengan kata lain informasi yang diterima investor dapat mempengaruhi volatilitas saham. Pergerakan (volatilitas) harga saham mencerminkan dua hal yaitu pengaruh dari information arrival (kedatangan informasi) serta noise (Huang et.al ; 2000). Salah satu tantangan bagi investor dalam berhadapan dengan perilaku harga saham yang tidak menentu adalah permasalahan mengenai pengambilan keputusan dalam ketidakpastian (Elton et.al, 2007). Penelitian yang banyak dilakukan dalam behavioural finance adalah mengenai bagaimana orang dapat mengambil keputusan ketika mereka dihadapkan pada risiko. Pengambilan keputusan tersebut lebih dikarenakan oleh perilaku harga saham yang tidak menentu dan dapat berubah sehingga dapat mempengaruhi return saham.

Dengan menggunakan model regresi dan observasi data selama empat tahun, penelitian ini mencoba meneliti dampak periode perdagangan dan bukan perdagangan serta size dan volume perdagangan terhadap volatilitas harga saham. Hasil pengujian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa volatilitas return pada periode perdagangan lebih besar daripada return di periode bukan-perdagangan dan volatilitas return pada sesi pembukaan lebih tinggi daripada volatilitas return di sesi penutupan. Selain itu size tidak terbukti mempengaruhi volatilitas harga saham sedangkan volume perdagangan terbukti dapat mempengaruhi volatilitas harga saham.

Kata kunci : Volatilitas harga saham, Periode perdagangan dan bukan perdagangan, size dan volume perdagangan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-06-27
How to Cite
RINOFAH, Risal; PUSPITASARI, Raras Ayu. Variabilitas Harga Saham Pada Periode Perdagangan Dan Bukan Perdagangan (Studi pada Saham-Saham yang Termasuk dalam Kelompok LQ45). Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 19 - 35, june 2012. ISSN 2541-4348. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/138>. Date accessed: 02 mar. 2021.