Deskripsi

Jurnal Akuntansi dan Pajak Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Indonesia telah diterbitkan sejak tahun 2019. Jurnal ini diterbitkan secara berkala Periode Januari-April, Mei-Agustus, dan September-Desember . Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dengan topik akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, akuntansi syariah, sistem informasi akuntansi, akuntansi keperilakuan, dan  perpajakan. Kami berharap jurnal ini dapat menjadi media untuk meningkatkan minat penelitian, meningkatkan kualitas penelitian dalam akuntansi dan  perpajakan.

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Akuntansi dan Pajak Fakultas Ekonomi Fokus pada artikel hasil penelitian dengan topik, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, auditing, akuntansi keuangan syariah, dan perpajakan.

 Peer Review Process

Artikel yang disampaikan ke jurnal online ini akan ditinjau rekan sekurangnya 2 (dua) pengulas. Artikel yang diterima akan tersedia secara online mengikuti proses peer review jurnal. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Indonesia atau Inggris.

Daftar Mitra Bestari Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara:

  1. Sri Suranta, Universitas Sebelas Maret
  2. Sri Hermuningsih, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  3. Kusuma Chandra Kirana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  4. Yudha Aryo Sudibyo, Universitas Jenderal Soedirman

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

Archiving

LOCKSS system of OJS functions as inter-library distributed system of archiving in order to make permanent archives (for preservation and restoration).

Kebijakan Publikasi
Setiap volume kami hanya akan mempublikasikan 7 sampai dengan 9 artikel.
Dalam satu tahun terbit dua volume setiap bulan April dan Oktober.

 

LAYOUT PENULISAN

Klik Disini Untuk Mengunduh Layout Penulisan

KAIDAH PENULISAN NASKAH PUBLIKASI

PENULISAN

Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam penulisan naskah publikasi sebagai berikut:

  1. Naskah diketik di atas kertas HVS ukuran A4;
  2. Penulisan menggunakan huruf Times New Roman 12 untuk seluruh naskah;
  3. Tulisan disusun dalam jarak 1 (satu) spasi;
  4. Kutipan langsung yang lebih dari 5 baris terpisah dari alinea sebelumnya dengan jarak spasi 1 (satu), sedangkan kutipan langsung yang kurang atau sama dengan lima baris ditulis menyatu dengan alinea yang bersangkutan dan berada diantara tanda kutip;
  5. Marjin kiri dan kanan adalah 2 cm, marjin atas 2,5 cm dan bawah adalah 1 cm dari pinggir kertas;
  6. Ruang penulisan dimulai dari marjin kiri dan berakhir pada margin kanan ruang penulisan;
  7. Penulisan naskah diharuskan menggunakan komputer, ketentuan format penulisannya seperti contoh silakan download DISINI!!!;
  8. Penulisan naskah dibuat rata kiri dan kanan.

BAHASA

Penulisan naskah publikasi harus mengikuti standar penulisan karya ilmiah, yaitu:

  1. Penulisan naskah publikasi menggunakan bahasa Indonesia baku, sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD);
  2. Penyajian materi diuraikan dengan kalimat sempurna;
  3. Penggunaan kata atau istilah yang berasal dari bahasa asing yang sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia harus digunakan, jika belum ada maka kata tersebut dicetak miring.

PENULISAN ACUAN

Penulisan acuan sebaiknya menggunakan “sistem penulis-tahun” yang mengacu pada karya pada daftar pustaka. Penulis harus mencantumkan halaman karya yang diacu. Dalam teks, karya yang diacu menggunakan ketentuan berikut:

  1. Kutipan buku dalam bentuk saduran untuk satu sampai dua penulis ditulis nama akhir penulis dan tahun. Contoh: Haidar Nashir dituliskan (Nashir, 2007), Syafarudin Alwi dan Sutrisno Hadi dituliskan (Alwi dan Hadi, 1999) dan nomor halaman tidak perlu ditulis dalam penulisan acuan;
  2. Untuk lebih dari dua penulis, maka penulisan ditambah dengan dkk. Contoh Edy Suandi Hamid, Sutrisno Hadi, Syafarudin Alwi, dituliskan (Hamid, dkk,2000);
  3. Untuk kutipan lebih dari dua sumber yang diacu secara bersamaan. Contoh Syafarudin Alwi dan Sutrisno Hadi dituliskan (Alwi, 1991; Hadi, 1994), dua tulisan atau lebih oleh satu penulis (Alwi, 1997; Alwi, 1998);
  4. Apabila daftar acuan lebih dari satu tulisan oleh pengarang yang sama dalam tahun penerbitan yang sama, gunakan akhiran a, b, dan seterusnya setelah tahun acuan; Contoh: (Alwi, 1992a; Alwi, 1992b);
  5. Kutipan yang berasal dari internet dituliskan dengan menyebutkan nama dan tahun. Jika tidak ada namanya, ditulis alamat website-nya.

Penulisan Referensi kami wajibkan menggunakan software Mendeley / Zotero / Endnote. Dengan gaya penulisan Harvard.

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Saya menyatakan bahwa naskah yang saya kirim belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun.
  2. Saya menyatakan bahwa naskah yang saya kirim adalah ASLI karya ilmiah saya dan tidak ada unsur plagiarisme, segala tuntutan dikemudian hari akan menjadi tanggungjawab penuh saya.
  3. Saya memberikan hak kepada redaksi untuk meringkas, mengurangi, dan memperbaiki format tulisan tanpa mengubah substansi dari isi tulisan.

 

Kebijakan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.