PENGARUH BOIKOT DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KFC MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PELANGGAN KFC SIDOARJO)
DOI:
https://doi.org/10.30738/ed_en.v8i2.4483Keywords:
Boikot, Experiential marketing, brand image, loyalitas pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari boikot dan experiential marketing yang dimediasi oleh brand image terhadap loyalitas pelanggan KFC. populasi pada penelitian ini adalah para pelanggan KFC di Sidoarjo dengan sampel sebanyak 100 orang. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis data menggunakan aplikasi Smart PLS. Hasil analisis data yang dilakukan membuktikan bahwa boikot dan experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan KFC di sidoarjo dan juga brand image mampu memediasi pengaruh boikot dan experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan.
Downloads
References
Afandi, S., Yani, M., Hariasih, M., & Info, A. (2024). Effective Strategies For Bebek Carok Sidoarjo Restaurant: Analyzing Brand Image, Product Quality And Price Perception Influencing Consumer Purchsing Decisions. 1(10), 1–14.
Anisa Jaelani, Y. N. (2024). Perilaku konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel. 3(62293481), 2312–2327.
Anita Nurul Cahyani, Olivia Stephanie Sarwono Putri, & Rayhan Gunaningrat. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimsum Uma Yumcha. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 255–265. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i2.669
Baruna, R. O. (2018). Pengaruh Trending Topic Boikot Starbucks di Twitter Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kota Medan. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10998%0Ahttp://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/10998/1/Raja Oli Baruna.pdf
Bougie, U. S. and R. (2013). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Leadership & Organization Development Journal, 34(7), 700–701. https://doi.org/10.1108/lodj-06-2013-0079
Elia, N. (2023). Strategi Public Relations : Membangun Citra Perusahaan Terhadap Produk Boikot Pro-Israel. December, 0–17.
Fakriza, R., & Ridwan, N. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Boikot Dengan Loyalitas Merek Sebagai Variabel Moderasi Pada Kfc Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 206–216.
Gerry Hendra Setiawan, Usman Ardianto, W. M. (n.d.). Pengaruh Experiential Marketing, dan kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan: Pada PT MMI. 2(6), 413–425.
Hair, J. F., Hult M., G. T., Ringle, C. M., &, & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage, 390.
Hendayana, Y., & Solichati, U. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Marketplace Shopee Di Kota Bekasi. Jurnal MANAJERIAL, 20(2), 233–241. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i2.29998
Idris, M. (2024). KFC Indonesia Menderita Rugi Rp 348,83 Miliar. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2024/08/01/211928726/kfc-indonesia-menderita-rugi-rp-34883-miliar
Indriani, F. (2006). Expemential Marketiivg Sebagai Suatu Meningkatkan Kineria Pemasaran.
Kaharudin, E., Vernando, A. N., Wahyono, A. T., Saptyana, R. F., & Fajarsari, H. (2023). Analisis Strategi Experiential Marketing, Emotional Branding Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen. ProBank, 8(2), 235–244. https://doi.org/10.36587/probank.v8i2.1595
Kandati, G. C., Mandey, S. L., & Roring, F. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Dan Exeriential Marketing terhadap Brand Image Geprek Maji Manado. 12(01), 579–587.
Karuniatama, I. H., Barata, D. D., & Suyoto, Y. T. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7(1), 28. https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.277
Kristiani, M. A. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan TX Travel Klampis Surabaya). Jurnal Pendidikaan Tata Niaga (JPTN), 7(3), 539–547.
Lotaknio, R. A. N., & Mahargiono, P. B. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Identification Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty Di Kedai Kopi Jokopi Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(2), 1–16.
M Amanullah Hakim Putro Dewanto, E. H. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Media Sosial Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Usaha Burgerax Surabaya timur. Neraca Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 3025-1192, 1192, 304–317.
Manorek, E. K., Wenas, R. S., Mintardjo, C. M. O., Experiential, P., Dan, M., Produk, K., & Wenas, R. S. (2024). Pengaruh experiential Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Word Of Mouth Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada konsumen Minuman Buavita Di Kecamatan Langowan Barat. 12(3), 1077–1091.
Marsudi, E., & Putra, Y. E. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Store H&M Di Mall Kelapa Gading. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 72–81.
Masinna, H. L., Murni, S., & Ogi, I. W. J. (2024). Strategi Experiential Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Ditinjau dari Etika Bisnis pada Alfamart Experiential Marketing Strategy in Increasing Consumer Loyalty Reviewed from Business Ethics at Alfamart. Jurnal EMBA, 12(1), 1028–1036.
Morasa, A. A., Wenas, R. S., & Tielung, M. V. J. (2022). Pengaruh Experiential Marketing,Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kopi Janji Jiwa Jilid 57 17 Agustus Manado. Jurnal EMBA, Vol. 10 No(4), 1901–1911.
Munadiyan, A. El. (2024). Pengaruh Gerakan Boikot Terhadap Asosiasi Merek Yang. 6(2), 120–125.
Munfaqiroh, S., Sandy Agung, A. M., & Priyo Sugiharto, D. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(2), 292–300. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i2.765
Ni Komang Ana Tri Handayani, Ni Putu Nita Anggraini, P. K. R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Produk Furniture Kayu Jati Bali Rahayu (Studi Penelitian Ud Bali Rahayu Badung). Jurnal Emas, 2(1), 51–70.
Oktavia, Y., & Sudarwanto, T. (2023). Dampak Brand Image Dan Brand Awareness Bagi Loyalitas Intervening Pada Konsumen Produk Kecantikan Wardah Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 240–252.
Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/33202
Putri, R. S. (2023). Kronologi & Penjelasan Awal Sejarah Konflik Israel-Palestina. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20231125141124-4-491989/kronologi-penjelasan-awal-sejarah-konflik-israel-palestina
Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 200–214. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2235
resa budi utami, sri padmantyo. (2019). Peran Pengalaman Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 14(1), 323–336.
Runtulalo, E., Ogi, I. W. J., & Raintung, M. C. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Dan Advertising Terhadap Brand Image (Studi Kasus Pada Cafe Wawi Kadio Tonsewer Kabupaten Minahasa). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 609–620. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49314
Salsabila, A. F., & Utomo, S. B. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Celebrity EndorserTerhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–16.
Sari, D. I. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan McDonald’s Jakarta Timur. Jurnal EMT KITA, 7(4), 896–905. https://doi.org/10.35870/emt.v7i4.1501
Soleh, A., Ermaini, E., Daniel, P. A., & Rahayu, Y. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Store Berrybenka Di Kota Jambi. Journal Development, 9(2), 77–95. https://doi.org/10.53978/jd.v9i2.180
Sucidha, I. (2024). Pengaruh Kampanye Boikot Produk Kecantikan Terhadap Brand Loyality dan Brand Image : Studi Pada Konsumen Milenial. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 5693–5705.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Suparno, I. N., & Aksari, N. M. A. (2023). Pengaruh Experiential Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Revisit Intention Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(2), 244–255. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.54873
Syarifudin, S.E., M. (2019). Citra Merek Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan “Kajian Terkait Pengaruh Pelayanan Hotel Di Kabupaten Aceh Tengah.†UNIMAL PRESS, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Syauqi, A., Prof. Reza Ashari Nasution, P. D., & Dr. Harimukti Wandebori, S.T, M. (2024). BAGAIMANA PARTISIPASI BOIKOT KONSUMEN DI INDONESIA MEMPENGARUHI CITRA MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP MEREK MCDONALD DAN STARBUCKS. Sekolah Bisnis Dan Manajemen.
Trianovita, H. A., Haziroh, A. L., Aqmala, D., & Mujib, M. (2024). Pengaruh Experiential Marketing (EM) dan Brand Image (BI) Terhadap Brand Loyalty (BL) Starbucks di Semarang (Studi Kasus Mahasiswa di Semarang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 7804–7816.
Triwahyuni, I., & Zuhroh, S. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(2), 93–100. https://doi.org/10.26533/jmd.v3i2.598
Utama, A. P., Simon, J. C., Nurlaela, F., Iskandar, I., & Arsyad, A. A. J. (2023). the Impact of the Boycott Movement on Israeli Products on Brand Perception Among Muslim Consumers: an Analysis of Brand Image and Customer Loyalty. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2). https://doi.org/10.15575/jb.v2i2.31922
Wardhana, D. J., Suharto, A., & Wibowo, Y. G. (2023). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan Kopi Soe di Kabupaten Jember. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 5(1), 231–241. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i1.7042
Warsito, C. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12521
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.