PENGARUH LINGKUNGAN KERJA KERJA DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

  • anggun nilam sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel lingkungan kerja dan komitmen afektif terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Sampel penelitian ini adalah 31 pelaku usaha kecil di Kelurahan Kalibata. Teknik pengambilan sampel menggunakan aksisdental sampling. Data yang digunakan adalah data primer, dengan sumber data diperoleh dari metode penyebaran kuisioner. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan 2) komitmen afektif berpengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB),

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-23
How to Cite
SARI, anggun nilam. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA KERJA DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB). JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-10, jan. 2021. ISSN 2656-4149. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/2011>. Date accessed: 17 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.26460/ed_en.v4i1.2011.