ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM TIDAK MENERAPKAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK ETAP (STUDI KASUS PADA DUSUN KEREP, KELURAHAN PANJANG, KECAMATAN AMBARAWA)

  • Melinda Dwi Lestari Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Pengetahuan akan penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi sangat penting bagi UMKM. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kondisi UMKM di daerah tersebut; mengetahui faktor yang mempengaruhi para pelaku usaha tidak menerapkan penyususan akuntansi, mengetahui kendala apa yang dialami apabila menerapkan penyusunan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan UMKM Dusun Kerep Kelurahan Panjang Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang sebagai media penelitian. Cara pengumpulan data yang dipakai ialah dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM di daerah tersebut belum menerapkan penyusunan laporan sesuai standar yang ada. Mereka menganggap bahwa hal itu akan membuat rumit apabila diterapkan. Para pelaku usaha mengatakan bahwa pendidikan mereka yang rata- rata rendah dan tidak ada sosialisasi dari pihak pemerintah juga menjadi hambatan dalam penyusunan laporan akuntansi sesuai standar. Selain itu, para pelaku juga belum memanfaatkan teknologi secara maksimaljuga menjadi pemicu UMKM di Dusun Kerep belum menerapkan penyusunan laporan keuangan sesuai SAK ETAP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30
How to Cite
LESTARI, Melinda Dwi. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM TIDAK MENERAPKAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK ETAP (STUDI KASUS PADA DUSUN KEREP, KELURAHAN PANJANG, KECAMATAN AMBARAWA). Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 27 - 32, june 2021. ISSN 2540-9646. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2151>. Date accessed: 18 may 2022. doi: https://doi.org/10.26460/ja.v9i1.2151.