PENGARUH BELANJA ONLINE, PERILAKU KONSUMTIF, DAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI GENERASI Z

Authors

  • Suci Rahmadani Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta
  • Teti Anggita Safitri Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/ed_en.v8i2.4507

Keywords:

Belanja Online, Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup Hedonisme, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mengubah pola belanja masyarakat, terutama pada Generasi Z, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan pribadi. Kemudahan akses belanja online, meningkatnya perilaku konsumtif, dan gaya hidup hedonisme menjadi fenomena yang umum terjadi di kalangan mahasiswa. Hal ini menyebabkan generasi Z cenderung mengabaikan perencanaan keuangan yang berdampak pada ketidakstabilan finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Belanja Online, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa aktif Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja online dan perilaku konsumtif berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi Generasi Z, sedangkan gaya hidup hedonisme tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi Generasi Z. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini menegaskan pentingnya Generasi Z untuk lebih memperhatikan kebiasaan belanja online dan perilaku konsumtif agar bisa mengatur keuangan dengan baik. Gaya hidup hedonisme juga perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah keuangan. Penelitian juga mengingatkan untuk mahasiswa dan masyarakat akan pentingnya membangun kesadaran tentang perencanaan keuangan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldisa, O. And Indriayu, M. (2024) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kemudahan Belanja Online Tehradap Pengelolaan Keuangan Pada Dosen Fkip Di Universitas Sebelas Maret’, Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 12(3), Pp. 468–474.
Ariska, S. N., & Jusman, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan , Financial Tekhnologi Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. 7, 2662–2673.
Fadhilah, N. And Abadi, M.T. (2023) ‘Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online , Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa The Impact Of Utilizing Online Shopping Applications , Lifestyle Preferences , And Financial Literacy On The Consumptive Behavior Of Unive’, Xvi(2), Pp. 141–156. Available At: Https://Doi.Org/10.30813/Jbam.V16i2.4293.
Karamaha, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 20(1), 33–46. Https://Doi.Org/10.14710/Jsmo.V20i1.58655
Indiana, R. Della, & Safitri, T. A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Uang Saku Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Panu, Y.R. (2024) ‘Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah’, 6, Pp. 4436–4452. Available At: Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i4.941.
Putri, E. All L.P. (2024) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Generasi Zdi Kota Medan Dimediasi Oleh Perilaku Konsumtif’, 8(2), Pp. 203–218.
Rakhman, Y. A., & Tri Kartika Pertiwi. (2023). Literasi Keuangan, Penggunaan E-Money, Kontrol Diri, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online. 5, 560–575.
Ratnaningrum, T., Dewi, R., Karnain, B., & Santoso, H. T. (2024). Pengaruh Belanja Online Dan Fitur Paylater Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kota Surabaya.
Rumianti, C., & Launtu, D. A. (2022). Economics And Digital Business Review Dampak Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. Economics And Digital Business Review, 3(2), 21–40. Https://Ojs.Stieamkop.Ac.Id/Index.Php/Ecotal/Article/View/168
Sherwin Ary Busman, Hartini, & A.S. (2022) ‘Peran Pengetahuaan Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, Kontrol Diri,Dan Literasi Keuangan Dalam Manajemen Keuangan Pribadi Generasi Z Di Kabupaten Sumbawa’, Jurnal Ek&Bi, 5, Pp. 2620–7443. Available At: Https://Doi.Org/10.37600/Ekbi.V5i2.680.
Sri Utami, & Safitri. T. A. (2024). Pengaruh Sikap Keuangan , Perilaku Keuangan Dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Kesejahteraan Keuangan. 9(1), 1126–1136.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alphabet.
Widiyawati, Y. Et Al. (2022) ‘Analisis Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja Dimasa Pandemi Covid-19’, 03(02), Pp. 25–31.

Downloads

Published

2025-05-03