PRODUCT DIVERSITY DAN LOCATION TERHADAP REPURCHASE INTENTION: CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI STUDI PADA WARUNG MADURA
DOI:
https://doi.org/10.30738/ed_en.v8i2.4493Keywords:
Keragaman Produk, Lokasi, Minat Beli Ulang, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi mediasi kepuasan konsumen dalam hubungan antara keragaman produk dan lokasi terhadap niat beli ulang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi konsumen warung Madura di Sidoarjo. Non probability sampling dengan purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak partial least square 4.0. Hasil penelitian menemukan terdapat pengaruh positif signifikan antara keragaman produk terhadap minat beli ulang dan kepuasan pelanggan. Terdapat pengaruh positif signifikan antara lokasi terhadap minat beli ulang dan kepuasan pelanggan, serta, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara keragaman produk terhadap minat beli ulang, dan memediasi lokasi terhadap minat beli ulang.
Downloads
References
Ahmad Safa’at, A., & Sobariah Hasanah, A. (2023). Pengaruh Keragaman Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Bama Sampoerna Majalengka. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(1), 66–71. https://doi.org/10.58344/locus.v2i1.860
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Alfaini, D., Ediyanto, & Praja, Y. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Apotek Al Afiah Mangaran Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(8), 1559–1572.
Algazali, M., Dharmayanti, D., & Setyadi, Y. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang/Repurchase Intention (Studi Kasus Toko Sembako Albaros Solok). Journal of Economics and Business UBS, 13, 459–476.
Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2023). Online Innovation and Repurchase Intentions in Hotels: The Mediating Effect of Customer Experience. International Hospitality Review, 37(1), 28–47. https://doi.org/10.1108/ihr-02-2021-0008
Ardianto, Y., Thalib, S., Riskarini, D., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2021). Analisis Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Dilihat Dari Experiental Marketing dan Servicescape. Jurnal Riset Bisnis, 4(2).
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. https://www.researchgate.net/publication/311766005
Dorthy, H., Lazuardi, D., & Wangsa, F. (2024). Pengaruh Keragaman, Kelengkapan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Journal of Science and Social Research, VII(4), 1656–1663. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Dwi Hadya, J. (2019, November 20). 92% Masyarakat Belanja Bahan Makanan di Toko Kelontong. Databoks.
Edy Kusnadi, H., & Abdurachman Saleh Situbondo, U. (2023). Pengaruh Keragaman Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen pada Toko Jaya Baru Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(1).
Fatimah, C. B. N. O. O., & Transistari, R. (2022). Pengaruh Product Diversity, Price Perception, Location, dan Service Quality Terhadap Repurchase Intention Konsumen Kopi Njongke Yogyakarta. 3(2).
Firika, N. (2023). Pengaruh Product Diversity, Store Atmosphere, Dan Lokasi Terhadap Repurchase Intention Konsumen Pada Deliwafa Store Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(15), 491–502. https://doi.org/10.5281/zenodo.8216403
Fuadi, S., & Juli Kurniawan, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ayam Geprek Agan 15 A Kota Metro. Derivatif : Jurnal Manajemen, 18(2), 219–232. https://doi.org/DOI:10.24127/jm.v18i2.2415
Haeruddin, A., Ediyanto, & Pramitasari, T. D. (2022). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Hass Mangaran Situbondo. Prosiding Nasional, 1.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (seventh). Pearson Education.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019a). When to use and how to report the results of PLS-SEM. In European Business Review (Vol. 31, Issue 1, pp. 2–24). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019b). When to use and how to report the results of PLS-SEM. In European Business Review (Vol. 31, Issue 1, pp. 2–24). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Halim, A., & Tyra, M. J. (2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Marketplace Shopee.
Hapsari, B. C., & Astuti, R. T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang di Toko Online Lazada dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 11(1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Hardikoesoemo, M., & Harjanti, D. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Sales Promotion dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Oke Listrik Jember. 9(2).
Ibnu Farizky, M., Thalib, S., & Whisnu Hendratni, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan di “What’s Good Coffe’’.†JIMP, 2(2).
Juvianti, J., & Purba, T. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Trisigma Globalindo. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(5), 460. https://doi.org/10.32493/drb.v6i5.30474
Kotler, Philip., Keller, K. Lane., & Chernev, Alexander. (2022). Marketing management. Pearson Education Limited.
Maria, W. B. S., Siagian, E. M., & Siregar, H. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Toko Sepatu Clinton Balige. Manajemen : Jurnal Ekonomi Usi, 5(2).
Nurlia, L. (2020). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 2(3), 1–12.
Nyarmiati, & Astuti, S. R. T. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 10.
Ogbeibu, S., Jabbour, C. J. C., Gaskin, J., Senadjki, A., & Hughes, M. (2021). Leveraging STARA competencies and green creativity to boost green organisational innovative evidence: A praxis for sustainable development. Business Strategy and the Environment, 30(5), 2421–2440. https://doi.org/10.1002/bse.2754
Pally, N. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Jawa Indah Kalabahi Kabupaten Alor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(20), 537–552. https://doi.org/10.5281/zenodo.8429948
Peburiyanti, D. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini di Tenggarong. JEMI, 20, 2020.
Pujiawati, S., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Customer Expeience, Customer Satisfaction dan Brand Image Terhadap Customer Loyalty Pada Armor Kopi Bandung. E-Proceeding of Management, 7(2).
Putra, I. G. B. N. , Maharani, I. A. D. P., & Soraya, D. (2021). Kewirausahaan. NILACAKRA.
Ratul Umah, C., Rohmatul Aysa, I., & Khoiril Mala, I. (2024). The Effect of Product Diversity on Repurchase Intention with Brand Equity as a Mediating Variable at At-Tazkiyah Store Lirboyo. Proceeding Accounting, Management, Economics Uniska, 1(1), 869–885.
Rochmah, N. W., & Muzdalifah, L. (2024). Pengaruh Product Quality And Price Perception Terhadap Customer Loyalty Dimediasi Oleh Customer Satisfaction (Studi Kasus di Toko Online Persewaan Alat-Alat Grill). PERFORMANCE : Jurnal Bisnis & Akuntansi, 14(01), 330–343.
Sauw, O., & Mointi, R. (2023). Customer Experience dan Customer Satisfaction terhadap Repurchase Intention Produk Online. YUME : Journal of Management, 6(1), 260–268. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.323
Savila, D., & Tjahjaningsih Ã, E. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 573–587. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3734
Semarang, M., Hartono, S., & Ay, B. (2019). Pengaruh Harga, Keragaman Produk Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Index Sukoharjo. 03(02), 533.
Sugiharto, S., & Valentino Wijaya, L. (2020). Pengaruh Service Quality Terhadap Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Perantara (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya yang Sudah Pernah Menggunakan Shopee).
Suyono, A., & Ernawati, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Masitah. 2(3).
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran (1st ed.). Andi Offset.
Welsa, H., Kurniawan, I. S., & Nagar, R. (2021). Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Brand Image Pada Konsumen Rocket Chicken. Journal Competency Of Business, 5(1), 10–27.
Wijaya, Z. R., & Sanusi, F. D. (2021). Pengaruh Customer Experience, Location dan Product Diversity Terhadap Repurchase Intention. Cakrawala - Respositori IMWI, 4, 207–217.
Zahra Mutaqin, A., Ali, H., & Khan, M. A. (2024). Pengaruh Keberagaman Produk, Lokasi, dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). JMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 6(2), 143–152. https://doi.org/10.38035/jimt.v6i2
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.











