MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI OPTIMALISASI FASILITAS, TARIF, DAN KETEPATAN WAKTU: STUDI PADA PERUSAHAAN START-UP LOGISTIK

  • kurbandi Satpatmantya Budi Rochayata Universitas Pelita Bangsa
  • Langgeng Sri Handayani Universitas Pelita Bangsa
  • Wening Ken Widodasih

Abstract

Industri pengiriman barang mengalami lonjakan pertumbuhan yang signifikan seiring dengan maraknya bisnis e-commerce di Indonesia. Perkembangan ini membuka peluang besar bagi perusahaan logistik untuk menjadi bagian penting dalam rantai distribusi. Penelitian ini berfokus pada analisis pengaruh fasilitas, tarif, dan ketepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan pada start-up logistik Paxel yang berada di Cikarang, yang semakin dikenal sebagai solusi inovatif dalam layanan ekspedisi.


Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh melalui kuesioner dari 96 responden, yang merupakan pengguna aktif layanan Paxel. Data dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, serta asumsi klasik sebelum diolah menggunakan uji regresi linier sederhana dengan software SPSS 24 untuk menguji hipotesis penelitian.


Hasil penelitian mengungkap bahwa fasilitas dan ketepatan waktu pengiriman memberikan dampak positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Namun, variabel tarif tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan. Temuan ini menunjukkan bahwa pelanggan lebih mengutamakan kualitas layanan, khususnya terkait fasilitas dan ketepatan pengiriman, dibandingkan harga. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi Paxel dalam menyusun strategi layanan yang lebih efektif untuk memenangkan persaingan di industri logistik yang semakin kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-26
How to Cite
ROCHAYATA, kurbandi Satpatmantya Budi; HANDAYANI, Langgeng Sri; WIDODASIH, Wening Ken. MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI OPTIMALISASI FASILITAS, TARIF, DAN KETEPATAN WAKTU: STUDI PADA PERUSAHAAN START-UP LOGISTIK. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1126-1135, jan. 2025. ISSN 2656-4149. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/4425>. Date accessed: 12 july 2025. doi: https://doi.org/10.30738/ed_en.v8i1.4425.