Implikasi Customer Relationship Marketing Pariwisata Lokal

  • Prasetya Nugeraha Universitas Lampung
  • May Roni Universitas Lampung
  • Hartono Hartono Universitas Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan model pemasaran di sektor pariwisata sehingga para pelaku bisnis dapat mempertahankan konsumen. Model pemasaran yang dihasilkan juga dapat menjadi landasan kebijakan pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk terus mempertahankan eksistensi wisata daerah. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dikarenakan penelitian ini memerlukan pengujian dengan statistik. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden wisatawan di Kabupaten Tanggamus. Temuan penelitian ini memiliki implikasi praktis yang signifikan bagi Kabupaten Tanggamus dalam upaya mereka untuk mengembangkan sektor pariwisata lokal. Untuk meningkatkan loyalitas masyarakat terhadap destinasi pariwisata Tanggamus, pihak-pihak terkait perlu mengambil langkah-langkah konkret. Pertama, mereka perlu terus meningkatkan implementasi Model CRM dengan mengadopsi teknologi yang relevan dan mengembangkan strategi personalisasi yang lebih canggih. Selain itu, pelibatan aktif dengan pelanggan dan tanggapan cepat terhadap umpan balik pelanggan merupakan hal yang penting untuk memperkuat hubungan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-18
How to Cite
NUGERAHA, Prasetya; RONI, May; HARTONO, Hartono. Implikasi Customer Relationship Marketing Pariwisata Lokal. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 960-968, july 2024. ISSN 2656-4149. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/4292>. Date accessed: 12 july 2025. doi: https://doi.org/10.30738/ed_en.v7i3.4292.