PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

  • Meliza Putri Darudono Universitas Dian Nuswantoro
  • Nadia Itona Siregar

Abstract

Bagi sebuah instansi keberadaan pegawai merupakan aset penting yang memerlukan adanya komunikasi dengan iklim yang baik. Apabila iklim komunikasi organisasi tercipta baik maka akan terwujudnya kinerja pegawai yang baik. Keberhasilan pegawai dalam mencapai kinerja yang baik akan mencerminkan performa organisasi. Kinerja pegawai yang baik sangat diperlukan demi mewujudkan good governance. Sehingga suatu suatu instansi pemerintah wajib melakukan pembenahan sistem manajemen melalui perbaikan dalam kinerja pegawai demi tercapainya good governance. Keberhasilan instansi pemerintah bergantung pada kualitas pegawai dalam bekerja. Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan berhasil memiliki sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan layak diakui komitmennya dalam hal pengendalian kualitas, standarisasi, efisiensi dan produktivitas baik segi pelayanan publik maupun kinerjanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai yang berlangsung di Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan. Sampel penelitian yang digunakan sejumlah 55 orang. Metode analisis data pengujian yaitu regresi logistik ordinal. Hasil pengujian menunjukan bahwa iklim komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan semakin baik kondisi iklim komunikasi organisasi maka semakin baik juga kinerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-13
How to Cite
DARUDONO, Meliza Putri; SIREGAR, Nadia Itona. PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 721-732, july 2023. ISSN 2656-4149. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/3840>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.26460/ed_en.v7i1.3840.