SIAPA YANG UNTUNG DARI PERDAGANGAN HARIAN? STUDI EMPIRIS PADA TIGA PERUSAHAAN DENGAN KAPITALISASI TERBESAR

  • Johannes Maysan Damanik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Perekonomian yang belum pulih membuat masyarakat mengalami masalah dalam pengelolaan keuangan. Berdasarkanpada realita yang terjadi banyak orang memilih masuk ke pasar modal untuk menambah penghasilan. Harapannya ada tambahan pendapatan dari pasar modal, namun kenyataannya tidak semua untung tapi rugi karena keterbatasan ilmu. Penelitian ini ingin mengetahui siapa yang sebenarnya diuntungkan dari pasar modal.


Menggunakan data intraday, peneliti ingin mengetahui siapa yang berhasil mendatangkan keuntungan dan kerugian dari pasar modal. Data sekunder dikumpulkan secara manual dari Perusahaan Sekuritas. Data transaksi diklasifikasikan berdasarkan jenis investor, transaksi jual dan transaksi beli. Pengujian menggunakan uji binomial untuk melihat apakah investor asing memperoleh keuntungan lebih besar dari investor domestik


Kata Kunci: Investor Asing, Investor Domestik, Literasi Keuangan, Pengembalian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-01
How to Cite
DAMANIK, Johannes Maysan. SIAPA YANG UNTUNG DARI PERDAGANGAN HARIAN? STUDI EMPIRIS PADA TIGA PERUSAHAAN DENGAN KAPITALISASI TERBESAR. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 383-389, jan. 2023. ISSN 2656-4149. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/3589>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.26460/ed_en.v6i1.3589.