PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Yogyakarta)

  • Agustina Susanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menguji dan mengetahui signifikansi pengaruh positif Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan, 2) Menguji dan mengetahui signifikansi pengaruh positif Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan, 3) Menguji dan mengetahui signifikansi pengaruh positif Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan, 4) Menguji dan mengetahui signifikansi pengaruh positif Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan, 5) Menguji dan mengetahui signifikansi pengaruh positif Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan.


Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung di Kota Yogyakarta. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan kuesioner. Sampel penelitian didapatkan melalui kuesioner yang dibagikan oleh peneliti kepada responden di kawasan Kota Yogyakarta. Anggota sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji regresi linier berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Experiential Marketing berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan Pelanggan, 2) Kepercayaan Merek berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan Pelanggan, 3) Experiential Marketing berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pelanggan, 4) Kepercayaan Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, 5) Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-23
How to Cite
SUSANTI, Agustina. PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Yogyakarta). JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 50-58, jan. 2021. ISSN 2656-4149. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/1771>. Date accessed: 16 may 2021. doi: https://doi.org/10.26460/ed_en.v4i1.1771.