PENGARUH BUDAYA BISNIS MASYARAKAT ,LITERAIS KEUANGAN, SELF EFFICACY DAN LINGKUNGA KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAHUSAHA DI KOTA YOGYAKARTA

  • Srilestari Grensi Woli Universitas sarjanawiyatatamansiswa
  • Dewi Kusuma Wardani

Abstract

This study aims to examine the positive influence of community business culture on the interest in community entrepreneurship in Yogyakarta City; to test the positive influence of finance on the interest in entrepreneurship in the city of Yogyakarta; to test the positive effect of self efficacy on the interest in entrepreneurship in the city of Yogyakarta; and to test the positive influence of the family environment on the entrepreneurial interest in the community in Yogyakarta City.


This type of research is quantitative research, namely empirical research where the data is in the form of numbers or something that can be calculated. When viewed from the research objectives, this research includes causal associative research, which is research that aims to see the influence between one variable and another. The sample taken in this study is the entrepreneurial community in the city of Yogyakarta with a total of 97 people. Data analysis using multiple linear regression analysis.


The results showed that culture has a positive effect on the interest in entrepreneurship in the city of Yogyakarta; Financial literacy has a positive effect on people's interest in entrepreneurship in Yogyakarta City; self-efficacy has a positive effect on the interest in entrepreneurship in the city of Yogyakarta; and the family environment has a positive effect on the interest in entrepreneurship in the city of Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Srilestari Grensi Woli, Universitas sarjanawiyatatamansiswa

ABSTRAK

                                       

Kata kunci

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif budaya masyarakat terhadap minat berwirausaha masyarakat di Kota Yogyakarta; untuk pengaruh positif keuangan terhadap minat minat di kota Yogyakarta; untuk pengaruh positif efikasi diri terhadap minat berwirausaha di kota Yogyakarta; dan untuk menguji pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha masyarakat di Kota Yogyakarta.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian empiris dimana datanya berupa angka atau sesuatu yang dapat dihitung. Jika dilihat dari tujuan penelitiannya, penelitian ini termasuk kausal asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah komunitas wirausaha di Kota Yogyakarta yang menambahkan 97 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha di Kota Yogyakarta; Literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha masyarakat di Kota Yogyakarta; self-efficacy berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha di kota Yogyakarta; dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha di kota Yogyakarta.

 

Budaya Bisnis Komunitas, Literasi Keuangan, Self Efficacy, Lingkungan Keluarga, Minat Wirausaha, Kota Yogyakarta

 

Published
2021-06-30
How to Cite
WOLI, Srilestari Grensi; WARDANI, Dewi Kusuma. PENGARUH BUDAYA BISNIS MASYARAKAT ,LITERAIS KEUANGAN, SELF EFFICACY DAN LINGKUNGA KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAHUSAHA DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1 - 14, june 2021. ISSN 2540-9646. Available at: <https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2192>. Date accessed: 18 may 2022. doi: https://doi.org/10.26460/ja.v9i1.2192.

Most read articles by the same author(s)