Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional (OCB): Identifikasi Organisasional dan Dukungan Organisasional Persepsian Sebagai Pemoderasi

  • Syayyidah Maftuhatul Jannah UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh spiritualitas di tempat kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional, serta peran identifikasi organisasional dan dukungan organisasional persepsian sebagai pemoderasi pada pengaruh spiritualitas di tempat kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang didistrubusikan ke 14 instansi Pemda DIY. Jumlah kuesioner yang dapat diolah sebanyak 160 kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritualitas di tempat kerja berpengaruh positif terhadap perilaku kewargaan organisasional. Namun, hipotesis yang menguji efek moderasi tidak didukung, identifikasi organisasional dan dukungan organisasional persepsian tidak memoderasi pengaruh spiritualitas di tempat kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional.


Kata kunci:    spiritualitas di tempat kerja, perilaku kewargaan organisasional, identifikasi organisasional, dukungan organisasional persepsian.

Published
2019-12-20
How to Cite
JANNAH, Syayyidah Maftuhatul. Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional (OCB): Identifikasi Organisasional dan Dukungan Organisasional Persepsian Sebagai Pemoderasi. Jurnal UMKM Dewantara, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1 - 14, dec. 2019. ISSN 2684-7957. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/umkmd/article/view/1261>. Date accessed: 03 july 2020.