DAMPAK KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA KELOMPOK PEMBENIH IKAN MINA MURAKABI d.a CIBUK KIDUL, MARGOLUWIH, SAYEGAN, SLEMAN)

  • Taufan Yudianto MURAKABI

Abstract

Jaminan kualitas benih ikan yang diproduksi dengan standar mutu dan pelayanan yang baik serta memenuhi syarat keamanan pangan akan sangat menguntungkan para produsen maupun konsumen benih ikan. Penelitian ini terdiri atas variabel independen yaitu kualitas produk dan pelayanan. Variabel dependen adalah loyalitas pelanggan melalui variabel intervening yaitu kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pembudidaya ikan Nila dan pelanggan benih ikan produksi Kelompok Pembenih Ikan Mina Murakabi. Sampel penelitian ini adalah pembudidaya ikan Nila yang telah melakukan pembelian ulang minimal selama 2 (dua) tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis SEM. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kualitas Produk dan pelayanan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (2) Kualitas Produk dan pelayanan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (3) Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-09
How to Cite
YUDIANTO, Taufan. DAMPAK KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA KELOMPOK PEMBENIH IKAN MINA MURAKABI d.a CIBUK KIDUL, MARGOLUWIH, SAYEGAN, SLEMAN). UPAJIWA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 45-51, apr. 2019. ISSN 2579-535X. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/magistermanajemen/article/view/979>. Date accessed: 16 june 2019.