PENERAPAN MODEL UTAUT UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM UMKM DI KALANGAN MAHASISWA

  • Bethania Primadany Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Suyanto Suyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat penerimaan dan penggunaan media sosial sebagai media promosi bisnis di kalangan mahasiswa di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik snowball. Hasilnya menunjukkan bahwa social influence dan facilitating condition berpengaruh positif terhadap adopsi media sosial untuk promosi bisnis. Tingkat penggunaan media sosial dipengaruhi oleh social influence dan facilitating condition.  Tingginya penggunaan mengacu pada pelaku bisnis yang menggunakan teknologi baru, seperti media sosial, berdasarkan seberapa banyak mereka memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi, publikasi dan berbagi informasi.

Published
2019-01-17
How to Cite
PRIMADANY, Bethania; SUYANTO, Suyanto. PENERAPAN MODEL UTAUT UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM UMKM DI KALANGAN MAHASISWA. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 300 - 315, jan. 2019. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/jap/article/view/851>. Date accessed: 20 feb. 2019.