HUBUNGAN ANTARA PERAN LINGKUNGAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG

  • Waskito Adi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk menguji apakah Hubungan Antara Peran Lingkungan, Motivasi dan Kepuasan kerja terhadap Disiplin Kerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kab Temanggung. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan data primer dengan menggunakan kuesioner.


Dalam pengambilan sampel Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kab Temanggung. Teknik pengambilan sampling menggunakan non probability accidental yaitu populasi yang dijadikan sampel adalah setiap orang yang ditemui pada saat itu juga diberi angket permohonan pengisian kuisioner untuk disebarkan lagi kepada responden lain dengan tujuan untuk memperoleh data yang lebih banyak. Jumlah kuesioner yang disebarkan adalah sebanyak 55 kuesioner. Data dianalisis menggunakan SPSS analisis regresi linear berganda.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan dan motivasi kerja tidak berpengaruh postif terhadap disiplin kerja secara parsial, sedangkan lingkungan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (Z) dan disiplin kerja (Y) secara bersama-sama atau simultan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-27
How to Cite
ADI, Waskito. HUBUNGAN ANTARA PERAN LINGKUNGAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 24-37, oct. 2020. ISSN 2656-4149. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/1810>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.26460/ed_en.v3i3.1810.