Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing terhadap Pengungkapan Modal Intelektual

  • zuliyati zuliyati Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing terhadap pengungkapan modal intelektual. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel dan diperoleh 108 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dengan pemenuhan uji asumsi klasik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Sedangkan kepemilikan manajerial dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. Adapun secara simultan profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Simpulan dari penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan kepemilikan asing terbukti mampu meningkatkan pengungkapan modal intelektual.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-17
How to Cite
ZULIYATI, zuliyati. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing terhadap Pengungkapan Modal Intelektual. Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 131 - 143, dec. 2018. ISSN 2540-9646. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/664>. Date accessed: 22 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.24964/ja.v6i2.664.