PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUBSEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2012

  • Tri Oktiar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), tingkat suku bunga, dan inflasi terhadap return saham perusahaan subsektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen yang digunakan adalah Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), tingkat suku bunga, inflasi dan variabel dependen return saham. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), tingkat suku bunga, dan inflasi terhadap return saham perusahaan subsektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan waktu amatan tahun 2007 sampai dengan tahun 2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD) dan Bank Indonesia. Metode analisis data yang digunakan
adalah regresi linier berganda, sementara uji hipotesis menggunakan uji simultan (Uji F) untuk menguji pengaruh variabel secara bersama-sama dan uji t dengan tingkat signifikansi 5% untuk menguji pengaruh variabel secara parsial.

Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil secara simultan Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), tingkat suku bunga, dan inflasi berpengaruh terhadap return saham perusahaan subsektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan secara parsial Debt to Equity Ratio (DER), tingkat suku bunga, dan inflasi berpengaruh negatif dan signifikan, Return On Equity (ROE) berpengaruh positif signifikan terhadap return saham perusahaan subsektor property dan real estate. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap return saham adalah 15,5% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R2, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Kata kunci: Return Saham, Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Tingkat Suku Bunga, Inflasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-16
How to Cite
OKTIAR, Tri. PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUBSEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2012. Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 80 - 93, dec. 2014. ISSN 2540-9646. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/37>. Date accessed: 28 sep. 2022.