PENGARUH KUALITAS AUDIT, LEVERAGE, DAN GROWTH TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA

  • Dody Hapsoro STIE YKPN Yogyakarta
  • Arla Aulia Annisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas audit, leverage, dan growth terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Manajemen laba didefinisikan sebagai tindakan manajemen yang berupa campur tangan dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraan secara personal maupun untuk meningkatkan nilai perusahaan.


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2012-2014. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 74 perusahaan yang diambil melalui purposive sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas audit dan growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba.


 


Kata kunci: Kualitas audit, leverage, growth, manajemen laba

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-27
How to Cite
HAPSORO, Dody; ANNISA, Arla Aulia. PENGARUH KUALITAS AUDIT, LEVERAGE, DAN GROWTH TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA. Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 99 - 110, dec. 2017. ISSN 2540-9646. Available at: <http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/272>. Date accessed: 20 apr. 2018. doi: https://doi.org/10.24964/ja.v5i2.272.